Peluang Nilai Tukar

Data bank Indonesia menunjukan cadangan devisa mencapai 105,7 miliar dollar AS. Sebuah rekor sejarah. Itu pertahanan lapis pertama keuangan republi ini dari serangan krisis global yang mungkin terulang, seperti kekisruhan moneter tahun 1997-1998 dan 2008.

Namun dengan adanya perjanjian pertukaran cadangan devisa antarnegara (bilateral swap agreement/BSA) dan juga pertukaran sejenis dengan beragam negara dalam perjanjian multilateral, sebenarnya Indonesia sudah memiliki pertahanan lapis kedua. BSA menyediakan tambahan cadangan devisa sebesar 18 miliar dollar AS. Adapaun pertukaran multilateral dari kesepakatan Ciang Mai Initiative yang dimultilateralisasi (CMIM) antara ASEAN plus Jepang, Korea Selatan, dan China mencapai 13,68 miliar dollar AS.

Jadi total perthanan Indonesia saat ini mencapai 137,38 miliar dollar AS. Hal itu belum termasuk cadangan devisa yang bisa diperoleh dari Dana Moneter Internasional (IMF). Namun IMF menjadi sumber cadangan devisa alternatif yang dihindari oleh sebagian besar negara-negara ASEAN pasca-krisis moneter 1997-1998. Negara-negara di Asia Tenggara trauma terhadap IMF.

Cadangan devia tergolong asumsi ekonomi yang tidak terlalu populer di tengah masyarakat lapisan bawah. Contoh terbaik penggunaan devisa terhadap ekonomi nasional adalah China. Negara ini punya cadangan devisa sangat besar sekitar 2,8 triliun dollar AS per Januari 2011, sehingga ruang mengelola nilai tukar yang sangat luas.

Situasi yan sama dialami Indonesia dan China. Neraca perdagangan Indonesia masih defisit terhadap China. Per akhir 2010, barang Indonesia yang diekspor ke China mencapai 49,2 miliar dollar AS. Barang China yang diekspor ke Indonesia 52 miliar dollar AS. Neraca perdagangan Indonesia defisit 2,8 miliar dollar AS. Ini catatan China. Dari catatan Indonesia, defisit mencapai 5 miliar-7 miliar dollar AS.

Kondisi ini deprerparah kecenderungan yuan melemah atas rupiah. Akibatnya barang sejenis yang diproduksi Indonesia kalah saing dari segi harga jualnya. Per 26 Desember 2010, yuan setara 1.359,34. Namun per 3 April 2011 yuan melemah ke level Rp1.325,58.
sumber:www.kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s