Nasib Penumpang KRL Kian Tidak Jelas

Pembatalan Perjalanan Kereta Terus Bertambah
Pembatalan perjalanan kereta rel listrik kini bertambah menjadi 52 perjalanan dalam sehari. Akibat pembatalan tersebut, diperkirakan 28.000-35.000 penumpang yang biasa menggunakan KRL tidak terangkut akibat pembatalan ini.
Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia daerah operasi I Jabodetabek Mateta Rijalulhaq mengatakan, pembatalan itu terkait bertambahnya kereta yang diperiksa. Akibatnya kereta yang dioperasikan berkurang jumlahnya, terutama pada jalur Bogor, Depok, Jakarta dan Bekasi.

Pemeriksaan kereta terkait peningkatan keselamatan penumpang kereta. Apalagi, usia kereta yang diperiksa saat ini sudah lebih dari 30 tahun. Jumlah kereta yang diperiksa keandalannya berjumlah 42 kereta, terdiri dari kereta ekonomi dan ekspress. Pemeriksaan ini dilakukan sejak 12 Desember. Awal pekan ini, pemeriksaan keandalan kereta dilakukan atas 35 kereta rel listrik (KRL). Namun belum selesai pemeriksaan kereta itu, tujuh kereta ditarik lagi untuk pemeriksaan.

Apabila kereta yang telah diperiksa masih aman dipakai, kereta bisa digunakan lagi. Namun, bila kereta rusak parah, kereta itu tidak bisa beroperasi lagi. Mateta mengatakan, pemeriksaan kereta akan dilakukan pada semua KRL secara bertahap. Penarikan kereta ini sangat mengganggu perjalanan sejumlah penumpang yang menjadi pelanggan KRL.
KRL merupakan transportasi yang banyak dipilih masyarakat komuter karena murah dan cepat. Dalam sehari, sekitar 500.000 orang terangkut KRL. Tercatat 438 perjalanan KRL perhari dalam kondisi normal. pengguna kereta ekonomi sebagian juga beralih ke kereta ekspress karena pembatalan jadwal, sehingga terjadinya penumpukkan penumpang pada setiap gerbongnya.
by:kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s