Tugas 5

1) Sebutkan perbedaan dari managemen dan organisasi ?
organisasi dan manajemen adalah
• organisasi : sebagai alat atau wadah sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu sedangkan
• manajemen : Manajemen adalah suatu proses pengaturan yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan
pengendalian, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah
ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
adapun persamaan dari organisasi dan manajemen ialah sama-sama memiliki sasaran dan tujuan tertentu yang ingin dicapai.

2) Mengapa managemen selalu dibutuhkan dalam setiap aktifitas kita ? jelaskan !
Agar setiap kegiatan yang kita kerjakan dapat berjalan baik,terarah atau teratur sehingga dapat menganalisis kemajuan dan perkembangan yang telah diri kita lakukan serta untuk memenuhi kebutuhan dan terbatasnya kemampuan dalam melakukan pekerjaan mendorong manusia membagi pekerjaan, tugas, dan tanggung jawab.

3) Apa yang dimaksud dengan prinsip koordinasi dan mengapa prinsip tersebut diperlukan ?
Adanya berbagai pendapat yang berbeda diantara masing-masing individu dalam organisasi akan memepengaruhi keputusan yang diambil. Pendapat-pendapat tersebut perlu diselaraskan dengan mengadakan koordinasi agar terdapat suatu keadaan yang harmonis sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Koordinasi yang baik dapat dilakukan jika masing-masing individu menyadari dan memahami akan tugas-tugas mereka. Mereka harus mengetahui bahwa sebenarnya tugas mereka sangat membantu pada usaha-usaha untuk mencapai tujuan.

4) Apa yang dimaksud dengan manager yang efektif dengan manager yang efisien ?
Efektif : adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam
jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan
sejumlah barang atas jasa kegiatan yang dijalankannya. Efektivitas menunjukan
keberhasilan dari segi tercapai tidaknya sasaran yang telah ditetapkan. Jika hasil
kegiatan semakin mendekati sasaran, berarti makin tinggi efektivitasnya.
Sementara itu,
efisien : adalah berdaya guna atau mampu memanfaatkan sumber daya yang ada dengan seoptimal mungkin. Efisien sesuatu yang kita kerjakan berkaitan dengan menghasilkan hasil yang optimal dengan tidak membuang banyak waktu dalam proses pengerjaannya.
efektif belum tentu efisien dan begitu sebaliknya. efisiensi adalah perbandingan terbaik antara suatu kegiatan dengan hasilnya.

5) Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi motifasi !
• Tujuan : karena setiap didalam individu dengan kelompok sering memiliki tujuan yang berbeda-beda.
• Tantangan : Dalam banyak kasus tantangan
yang ada merupakan suatu rangsangan untuk mencapai kesuksesan. Dengan
kata lain tantangan tersebut justru merupakan motivator.
• Tanggung jawab : setiap pekerjaan yang sedang dikerjakannya wajib mampu mengambil keputusan dan sikap bertanggung dan otoritas yang proporsional yang akan memiliki motivasi yang tinggi.
• Keakraban : Team yang sukses biasanya ditandai dengan sikap akraban satu sama lain, setia kawan, dan merasa senasib sepenanggungan. Para anggota team saling menyukai dan berusaha keras untuk mengembangankan dan memelihara
hubungan dalam pekerjaan yang akan terciptanya keterbukaan dan
komunikasi langsung serta dukungan antara sesama anggota.
• Kepemimpinan : yang berperan
dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi team untuk bekerja dengan
tenang dan harmoni antar anggota dan dapat membimbing anggotanya
• Kesempatan untuk maju : dapat mengembangkan diri, mempelajari konsep dan ketrampilan baru, serta melangkah menuju
kehidupan yang lebih baik agar terciptanya motivasi yang tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s